twitter
googleplus
facebook

Asam-asam Biner

Asam-asam biner (binary acids) yang paling umum adalah asam-asam halida yang mempunyai pKasebagaimana ditunjukkan pada tabel di bawah. Nilai positif bagi pKa asam hidrofluorida menyatakan bahwa asam ini bersifat paling lemah dari ketiga asam yang lain, sedangkan asam hidroiodida paling kuat. HCl, HBr, dan HI dalam air adalah asam-asam kuat, terion hampir semua dengan persamaan ionisasi secara umum sebagai berikut:
HX (aq) + H2O (l) ⇌ H3O+ (aq) + X- (aq)

Persamaan ionisasi tersebut menunjukkan bahwa perubahan utama yang terjadi adalah pemecahan ikatan H-X (X = F, Cl, Br, dan I) dan pembentukan tambahan ikatan O-H pada molekul H2O menjadi ion hidronium (H3O+). 

struktur asam klorida
Nilai energi ikatan dapat dilihat pada tabel, dan energi ikatan O-H adalah 459 kJ mol-1. Oleh karena kecenderungan reaksi menuju ke arah pembentukan ikatan yang lebih kuat, maka jelas bahwa derajat ionisasi makin membesar dari HF ke HI, dan ternyata secara sederhana dapat dikatakan bahwa perbedaan energi ikatan berkorelasi baik dengan kekuatan asam yang bersangkutan. Namun demikian, perhitungan kuantitatif sifat asam harus melibatkan entalpi dan entropi dari hidrasi ion maupun molekul yang bersangkutan.

AsampKaEnergi Ikatan (kJ mol-1)
HF (aq)+3565
HCl (aq)-2428
HBr (aq)-9362
HI (aq)-10295
  • Title : Asam-asam Biner
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Contact :

    CORYNA MAYDONNA SIREGAR, S.Pd

    SMK NEGERI 2 KUALA TUNGKAL

    corynasiregar@gmail.com


    DMCA.com Protection Status