twitter
googleplus
facebook

Analisis Anion 2




Analisis anion 2 atau bisa disebut juga uji anion golongan II dengan reaksi pengendapan. Sulfit, tiosulfat, dan sulfida jika ditambahkan asam klorida atau asam sulfat encer akan menghasilkan gas. Sulfat dan fosfat dapat meberikan reaksi pengendapan. Hampir semua sulfit tidak larut dalam air, kecuali sulfit alkali dan amonium. Sulfit dengan asam klorida encer dapat memberikan gas belerang dioksida yang berbentuk gelembung tidak berwarna. Adanya gas belerang dioksida dapat diidentifikasi dengan mengalirkan gas pada larutan dikromat atau barium klorida, atau bau spesifik yang keras.

Hampir semua tiosulfat larut dalam air. Beberapa tiosulfat dari Pb, Ag dan Ba larut sebagian dalam air. Kebanyakan endapan tiosulfat larut dalam kelebihan pereaksi membentuk kompleks. Hampir semua sulfida tidak larut dalam air, kecuali asamnya, sulfida sulfida amonium dan alkali tanah. Hampir semua nitrat larut dalam air, kecuali perak nitrit yang larut sebagian.

Hampir semua nitrat larut dalam air. Bismut dan merkuri pada pengenceran akan memberikan endapan yang bersifat basa tetapi dengan penambahan asam nitrat akan larut kembali. Garam sulfat pada umumnya larut dalam air. Sulfat yang tidak larut yaitu barium dan stronsium, sedangkan kadmium dan merkuri (II) larut sebagian.

Peroksodisulfat yang larut dalam air yaitu natrium, kalium, amonium, dan barium. Garam fosfat bisa terdapat dalam 3 jenis yaitu ortofosfat, pirofosfat, dan metafosfat. Fosfat logam alkali kecuali litium dan amonium larut dalam air. Fosfat lainnya pada umumnya tidak larut atau larut sebagian dalam air.
  • Title : Analisis Anion 2
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Contact :

    CORYNA MAYDONNA SIREGAR, S.Pd

    SMK NEGERI 2 KUALA TUNGKAL

    corynasiregar@gmail.com


    DMCA.com Protection Status